LightBlog

Adobe After Effects adalah produk peranti lunak yang dikembangkan oleh Adobe, digunakan untuk film dan pos produksi pada video. Pada aw...

Berkenalan dengan After Effects

Adobe After Effects adalah produk peranti lunak yang dikembangkan oleh Adobe, digunakan untuk film dan pos produksi pada video. Pada awalnya merupakan sebuah software produk dari Macromedia yang sekarang sudah menjadi salah satu produk Adobe. (Wikipedia.com)

After Effects memiliki banyak sekali keunggulan sebagai software edit video. Sesuai namanya “effects”, aplikasi ini memiliki banyak sekali efek untuk keperluan editing video atau animasi. Banyak film-film besar menggunakan aplikasi ini untuk membuat hasil video lebih epic dengan efefk-efek menjadi lebih real dan natural.

Aplikasi yang dikembangakan oleh Adobe ini juga saling terkoneksi dengan produk Adobe lainnya seperti photoshop dan Illustrator sehingga sangat memungkinkan membuat animasi dengan sangat mudah dengan ilustrasi yang bagus. Sungguh sangat efisien. Standart Effects yang mencapai sekitar 50 macam lebih, yang sangat bisa untuk mengubah dan menganimasikan objek.

Disamping itu, membuat animasi dengan Adobe After Effects, juga bisa dilakukan dengan hanya mengetikkan beberapa kode script yang biasa disebut Expression untuk menghasil pergerakan yang lebih dinamis.

Adobe After Effects memiliki fitur-fitur penting, misalnya membuat Shape dan terdapat Keyframe seperti yang terdapat pada Adobe Flash (cara menganimasikannya juga hampir sama). Terdapat juga Expression yang hampir mirip dengan Action Script pada Flash, dan masih banyak lagi yang lain.

Dibawah ini merupakan preview lembar kerja Adobe After Effects (saya menggunakan versi CS5) Ada beberapa perbedaan dengan versi terbaru namun hal tersebut lebih kepada bertambahnya fitur. Saya mengelompokan menjadi beberapa bagian yang umumnya digunakan oleh para animator.

  • Nomor 1 menunjukan Menu bar berisi tentang berbagai menu untuk pengolahan video/animasi. 
  • Nomor 2 menunjukan konten. Konten yang dimaksud berisi berbagai jenis file yang digunakan sebagai bahan animasi seperti video, gambar, audio dan composition. Kamu bisa mengelompokan menjadi banyak folder agar lebih terorganisir dengan baik. 
  • Nomor 3 merupakan area kerja. Yang tampil disini adalah yang akan tampil pada video yang kamu buat. Kalian bisa mengatur ukuran layar dan warna background sesuai kebutuhan. 
  • Nomor 4 berisi Layer. Fungsinya sama dengan layer pada aplikasi photoshop untuk mengorganisir konten video. 
  • Nomor 5 yaitu tempat untuk mengatur keyframe. Apa itu keyframe? Keyframe adalah poin yang digunakan untuk menentukan berbagai perubahan terhadap konten untuk animasi. Perubahan dapat berupa bentuk, warna, timing (waktu), efek dan lain-lain. 
  • Nomor 6 menunjukan Frame. Semakin banyak frame maka animasi yang dibuat akan lebih halus. Umumnya, frame sudah terlihat bagus dengan nila 24 fps (frame per seconds). 
  • Nomor 7 berisi efek-efek yang bisa diterapkan ke objek yang anda pilih. Cukup banyak efek default yang sudah disediakan namun banyak juga efek-efek lain yang bisa kamu dapatkan di internet baik secara gratis maupun berbayar. 
  • Nomor 8 digunakan untuk preview animasi yang sedang dibuat. Panjangnya preview yang mampu di play tergantung dari spek computer yang digunakan. Semakin bagus komputernya maka preview akan semakin cepat di muat.


Sangat banyak fitur yang tersedia di aplikasi After Effects ini namun saya cukupkan dulu pembahasannya ya hehe. Have a nice day J

0 komentar: