LightBlog

Membuat dan mengatur Composition di After Effects Mengolah animasi berarti harus membuat sebuah Composition. Composition adalah bagian ...

Membuat dan Mengatur Composition di After Effects

Membuat dan mengatur Composition di After Effects
Mengolah animasi berarti harus membuat sebuah Composition. Composition adalah bagian untuk melakukan pengolahan animasi yaitu merubah bentuk, warna, waktu, ukuran dan efek sebuah objek sehingga tercipta sebuah hasil animasi. Sebuah video animasi yang kompleks biasanya memiliki composition yang banyak pula.

Kali ini kita akan menganimasikan file yang sudah di import pada postingan sebelumnya yaitu sebuah roket. Jika belum download, kamu bisa dapatkan disini.

Di kolom konten/library kamu akan melihat 2 tipe file yaitu satu folder “roket layers” dan satu composition “roket”. Buka composition roket dengan cara dauble click dan akan muncul di area kerja. Perhatikan susunan layer dibagian bawah terdapat 7 layer yang menunjukan perbagian konten. Pembagian layer ini sesuai dengan layer mana saja yang akan di animasikan. Saya memisah mereka menjadi 7 bagian dimulai dari roket, planet, bintang dan background.


Pada layer ini lah kamu akan memberikan  efek/animasi sedemikian rupa sesuai kebutuhan. Bisa merubah posisi, merubah ukuran dan lain sebagainya. Namun masalah akan muncul apabila kamu mulai memberikan efek di semua layer. Semakin banyak kombinasi efek yang kamu berikan maka semakin banyak pula jumlah keyframe dan akhirnya layer-layer tersebut akan panjang kebawah. Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat composition baru.


Kenapa begitu, karena composition baru membagi lagi layer yang sedang kamu olah. Buatlah composition baru dengan membagi 7 layer tersebut menjadi 3 bagian. Bagian pertama adalah Roket dan Api roket, bagian kedua bintang dan planet kecil lalu bagian ketiga background dan planet besar. Bagaimanakah caranya?

Untuk bagian pertama, seleksi layer “roket” dan “api roket” lalu klik kanan dan pilih “Pre-Compose” maka akan muncul dialog box. Beri nama composition baru menjadi “Roket dan Api”. Ada dua pilihan yang muncul yaitu leave attribute dan move attribute. Jika kamu pilih leave maka composition yang baru hanya akan membawa layer saja namun jika memilih move maka layer beserta efek akan pindah semua.

Composition roket dan api otomatis terbuat. Double click di composition baru tersebut dan kamu akan melihat hanya 2 layer saja disana yaitu roket dan api roket. Setiap kamu melakukan animasi disitu, maka jika kamu kembali membuka composition awal “roket” akan ada perubahan juga disana (Setiap melakukan perubahan harus di save terlebih dahulu).

Lihatlah video di bawah ini:

Lakukan hal yang sama untuk 2 bagian yang tersisa. Jadi kesimpulan dari tutorial ini adalah untuk meringkas dan mengorganisir layer kamu agar tidak terlalu panjang kebawah karena banyaknya efek, terutama untuk layar yang kecil.

1 komentar:

  1. Membuat Dan Mengatur Composition Di After Effects - Tutorial Animasi After Effects Indonesia >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Membuat Dan Mengatur Composition Di After Effects - Tutorial Animasi After Effects Indonesia >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Membuat Dan Mengatur Composition Di After Effects - Tutorial Animasi After Effects Indonesia >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus